Rabu, 13 Februari 2008

puisiku

Ungkapan Hati

Suatu kebahagiaan yang tak bisa kugambarkan,

Suatu kebahagiaan yang tak bisa kulukiskan.

Tak terangkai dengan kata,

Tak terukir dengan pena,

Hanya bisa kurasa.

Dulu aku hanya bermimpi,

Untuk bisa belajar dinegri para nabi ini,

Sekarang mimpi itu tlah menjadi sebuah kenyataan,

Aku tlah berlabuh disini (Mesir).

Berlabuhnya aku di negeri

Yang serba Antri ini,

Tidak begitu saja mudah!

Amat besar perjuangan yang dilakukan,

Amat besar pengorbanan yang dikorbankan.

Kalau bukan karna kegigihan dan keyakinan.

Kalau bukan karna usaha da doa,

Mungkin, mimpi itu hanya tinggal mimpi,

Mimpi yang takkan pernah terijabahi.

"Rasa-rasa takkan sanggup ayah dan ibu menyekolahkanmu lagi nak, melihat kehidupan kita yang pas-pasan ini!."

Itulah kata yang pernah beliau ucapkan,

Itulah kata yang pernah beliau layangkan,

Ketika kuutarakan keinginanku ‘tuk kuliah.

Beliau berharap

Selepas sekolah

Aku berhenti sekolah

dan membantu bekerja.

Tapi, aku tak ingin berhenti,

Aku ingin kuliah,

Aku ingin jadi orang,

Orang yang berguna.

Karna keinginanku yang kuat,

Karna tekadku yang bulat.

Beliau tak lantas berputus asa,

Beliau tak lantas menyerah kalah.

Dengan membaca basmallah,

Beliau memulai langkah,

Dengan segala usaha yang diridhoi Allah.

Akhirnya, aku bisa dilabuhkan di Mesir ini,

Di negri yang orang bilang ‘gudang segala gudang’

Dengan cukup perbekalan.

Perjuangan yang begitu besar.

Beliau tak pernah mengeluh aduh,

Tidak ada kata menyerah,

Tak ada kata putus asa,

Yang ada hanya,

bagaimana aku bisa kuliah,

Oh ayah-ibu...

Begitu besar perjuanganmu.

Tak kenal lelah ,

Tak kenal payah.

Aku takkan bisa membalas semua jasa-jasa.

Yang kubisa hanya berdo'a,

Agar jerih payahmu dibalas Allah,

Agar engkau selalu dilimpahkan rahmat-Nya.

Terima kasih ayah-ibu...,

Berkat perjuangan dan kegigihanmu

Dan berkat pertolongan Allah tentunya.

Aku bisa menuntut ilmu,

Aku bisa kuliah

di Negri yang kucita,

di Negri yang kudamba

Semoga Allah membalas semua jasa-jasamu.

Amiin...!

Ungkapan hatiku yang haru pada perjuangan Ayah dan Ibu, untukku menuntut ilmu di Mesir, negri yang kudamba.

Zagazig,14 Juli 2007

Irwan Doni Darlis el-Abawy/Udo Iwan

1 komentar:

Irwan Doni mengatakan...

assalamu'alaiku wr.wb